Rabu, 11 Maret 2015

cara melakukan tune motor bensin


      I.            ALAT DAN BAHAN
1.     Engine stand Toyota 5K
2.     Toolbox
3.     Hydrometer
4.     Multimeter
5.     Engine tuner
6.     Timing light
7.     Kompresi tester
8.     Radiator cup tester
9.     Charger
10.                    Nampan dan ember
11.                    Majun

   II.            KESELAMATAN KERJA
1.     Menggunakan pakaian kerja (wearpack)
2.     Menggunakan alas kaki (sepatu)
3.     Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya
4.     Tidak bercanda saat praktek
5.     Praktek sesuai SOP
6.     Hati-hati saat praktek

III.            LANGKAH KERJA
1.     Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.     Panasi engine stand
3.     Pemeriksaan permukaan air pendingin mesin pada tangki reservoir kalau tinggi air kurang atau dibawah garis “Low” maka tambahkan air hingga garis “Full”
4.     Periksa kebocoran sistem pendingin dengan radiator tester pada tekanan 0,9kg/cm
5.     Kualitas air pendingin
  Gantilah air pendingin jika sudah kotor
6.     Memeriksa kebocoran tutup radiator
  Tekanan pembukaan standar : 0,75-1,05kg/cm2
  Tekanan pembukaan minimum : 0,6kg/cm2
7.     Memeriksa kualitas oli mesin
  Periksa dari keadaan yang memburuk, mengandung air berupa warna atau encer, jika kualitasnya buruk maka oli mesin harus diganti
8.     Memeriksa ketinggian permukaan oli mesin
  Berada pada antara tanda “L” dan “F” pada stick pengukur. Jika terlalu rendah, periksa apakah ada kebocoran, tambahkan oli mesin hingga full
9.     Pemeriksaan saringan udara
  Bersihkan elemen saringan udara menggunakan semprotan kompresor, tekanan tidak lebih dari 4,0kg/cm2. Jika saringan udara terlalu kotor maka harus diganti

10.                    Pemeriksaa kabel busi dan distributor
  Secara visual periksa kabel-kabel busi dari kelonggaran sambungannya, keadaan buruk, mengelupas, retak-retak, dll
11.                    Pemeriksaan baterai
  A.  Pemeriksaan keadaan baterai dari kerusakan atau keretakan, apabila terminal baterai berkarat bersihkan menggunakan sikat kawat
  B.  Periksa permukaan elektrolit beterai
Apabila tinggi permukaan elektrolit baterai pada sel dibawah “lower” maka tambahkan dengan air accu sampai garis “upper”
12.                    Pemeriksaa busi
  Busi kering: Baik
  Busi basah: Bersihkan dengan plug cleaner
13.                    Penyetelan campuran udara pada karburator
a.     Hidupkan mesin dengan stasioner sampai mencapai tujuan kerja (mesin hangat)
b.     Putar baut setelan udara tekanan dengan menghitung jumlah putarannya perlahan dan salah satunya menakan gas
c.      Semakin baut diputar kekanan mesin cenderung akan mati dan diimbangi dengan gerkan katup gas
d.     Setelah baut diputar penuh kekanan, putar kekiri secara perlahan sampai mendapatkan hidup mesin yang normal
e.     Pada waktu diputar hitung jumlah putarannya
14.                    Pengetesan kompresi
a.     Hidupkan mesin sampai temperatur kerja 75-85oC
b.     Matikan mesin lalu lepas semua busi
c.      Lepas kabel tegangan tinggi koil lalu massakan
d.     Pasang alat ukur compression tester pada lubang busi
e.     Buka penuh katup gas dan tahan
f.       Mesin di starter sampai jarum meter bergerak minimal 3 kali kemudian baca tekanannya. Tekanan kompresi yang baik pada jenis Toyota 5K adalah 9-12kg/cm2 dan perbedaan hasil tekanan kompresi pada masing-masing silinder
15.                    Menyetel celah platina
a.     Putar poros engkol sampai posisi platina terbuka
b.     Stel celah platina sedemikian rupa agar celah platina sesuai spesifikasi yaitu: 0,45-0,50mm
16.                    Memeriksa celah vaccum
a.     Lepas tutup distributor
b.     Lepas selang vaccum yang menuju ke karburator
c.      Hisap selang tersebut

IV.            DATA PRAKTEK
A.    Sitem pendingin
a)     Air pada reservoir dalam keadaan penuh
b)    Hasil pemeriksaan kebocoran radiator : 0,5kg/cm (bocor)
c)     Hasil pemeriksaan tutup radiator : 0,80kg/cm (bagus)
d)    Kualitas air sudah kotor, harus diganti
B.     Pemeriksaan mesin
a)     Hasil pemeriksaan : masih bagus, diantara “L” dan “F”
b)    Hasil pemeriksaan : bagus (tidak retak, tidak terkelupas),
c)     Hasil pemeriksaan baterai : casing bagus, elektrolit berada diantara “lower” dan “upper”
d)    Hasil pengukuran tekanan kompresi :
·        Silinder 1 : 10kg/cm2
·        Silinder 2 : 10kg/cm2
·        Silinder 3 : 9kg/cm2
·        Silinder 4 : 10kg/cm2

e)     Hasil pemeriksaan busi
·        Busi 1 :
·        Busi 2 :
·        Busi 3 :
·        Busi 4 :



   V.            KESIMPULAN
Tune-Up berfungsi untuk mengurangi suara gemuruh pada mesin, mengurangi kemacetan, merawat komponen sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendingin, mengembalikan pada stelan pabrik, dll sehingga memberi kenyamanan kepada pengemudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar