I.
ALAT DAN BAHAN
1. Engine stand Toyota 5K
2. Toolbox
3. Hydrometer
4. Multimeter
5. Engine tuner
6. Timing light
7. Kompresi tester
8. Radiator cup tester
9. Charger
10.
Nampan
dan ember
11.
Majun
II.
KESELAMATAN KERJA
1. Menggunakan pakaian kerja (wearpack)
2. Menggunakan alas kaki (sepatu)
3. Menggunakan alat sesuai dengan
fungsinya
4. Tidak bercanda saat praktek
5. Praktek sesuai SOP
6. Hati-hati saat praktek
III.
LANGKAH KERJA
1. Siapkan alat dan bahan yang akan
digunakan
2. Panasi engine stand
3. Pemeriksaan permukaan air pendingin
mesin pada tangki reservoir kalau tinggi air kurang atau dibawah garis “Low”
maka tambahkan air hingga garis “Full”
4. Periksa kebocoran sistem pendingin
dengan radiator tester pada tekanan 0,9kg/cm
5. Kualitas air pendingin
Gantilah air pendingin jika sudah kotor
6. Memeriksa kebocoran tutup radiator
Tekanan pembukaan standar : 0,75-1,05kg/cm2
Tekanan pembukaan minimum : 0,6kg/cm2
7. Memeriksa kualitas oli mesin
Periksa dari keadaan yang memburuk,
mengandung air berupa warna atau encer, jika kualitasnya buruk maka oli mesin
harus diganti
8. Memeriksa ketinggian permukaan oli
mesin
Berada pada antara tanda “L” dan “F” pada
stick pengukur. Jika terlalu rendah, periksa apakah ada kebocoran, tambahkan
oli mesin hingga full
9. Pemeriksaan saringan udara
Bersihkan elemen saringan udara menggunakan
semprotan kompresor, tekanan tidak lebih dari 4,0kg/cm2. Jika
saringan udara terlalu kotor maka harus diganti
10.
Pemeriksaa
kabel busi dan distributor
Secara visual periksa kabel-kabel busi dari
kelonggaran sambungannya, keadaan buruk, mengelupas, retak-retak, dll
11.
Pemeriksaan
baterai
A.
Pemeriksaan keadaan baterai dari kerusakan atau keretakan, apabila
terminal baterai berkarat bersihkan menggunakan sikat kawat
B.
Periksa permukaan elektrolit beterai
Apabila
tinggi permukaan elektrolit baterai pada sel dibawah “lower” maka tambahkan
dengan air accu sampai garis “upper”
12.
Pemeriksaa
busi
Busi kering: Baik
Busi basah: Bersihkan dengan plug cleaner
13.
Penyetelan
campuran udara pada karburator
a. Hidupkan mesin dengan stasioner
sampai mencapai tujuan kerja (mesin hangat)
b. Putar baut setelan udara tekanan
dengan menghitung jumlah putarannya perlahan dan salah satunya menakan gas
c. Semakin baut diputar kekanan mesin
cenderung akan mati dan diimbangi dengan gerkan katup gas
d. Setelah baut diputar penuh kekanan,
putar kekiri secara perlahan sampai mendapatkan hidup mesin yang normal
e. Pada waktu diputar hitung jumlah
putarannya
14.
Pengetesan
kompresi
a. Hidupkan mesin sampai temperatur
kerja 75-85oC
b. Matikan mesin lalu lepas semua busi
c. Lepas kabel tegangan tinggi koil lalu
massakan
d. Pasang alat ukur compression tester pada
lubang busi
e. Buka penuh katup gas dan tahan
f. Mesin di starter sampai jarum meter
bergerak minimal 3 kali kemudian baca tekanannya. Tekanan kompresi yang baik
pada jenis Toyota 5K adalah 9-12kg/cm2 dan perbedaan hasil tekanan
kompresi pada masing-masing silinder
15.
Menyetel
celah platina
a. Putar poros engkol sampai posisi
platina terbuka
b. Stel celah platina sedemikian rupa
agar celah platina sesuai spesifikasi yaitu: 0,45-0,50mm
16.
Memeriksa
celah vaccum
a. Lepas tutup distributor
b. Lepas selang vaccum yang menuju ke
karburator
c. Hisap selang tersebut
IV.
DATA PRAKTEK
A. Sitem pendingin
a) Air pada reservoir dalam keadaan
penuh
b) Hasil pemeriksaan kebocoran radiator
: 0,5kg/cm (bocor)
c) Hasil pemeriksaan tutup radiator :
0,80kg/cm (bagus)
d) Kualitas air sudah kotor, harus
diganti
B. Pemeriksaan mesin
a) Hasil pemeriksaan : masih bagus,
diantara “L” dan “F”
b) Hasil pemeriksaan : bagus (tidak
retak, tidak terkelupas),
c) Hasil pemeriksaan baterai : casing
bagus, elektrolit berada diantara “lower” dan “upper”
d) Hasil pengukuran tekanan kompresi :
·
Silinder
1 : 10kg/cm2
·
Silinder
2 : 10kg/cm2
·
Silinder
3 : 9kg/cm2
·
Silinder
4 : 10kg/cm2
e) Hasil pemeriksaan busi
·
Busi
1 :
·
Busi
2 :
·
Busi
3 :
·
Busi
4 :
V.
KESIMPULAN
Tune-Up berfungsi untuk mengurangi
suara gemuruh pada mesin, mengurangi kemacetan, merawat komponen sistem
pengapian, sistem pelumasan, sistem pendingin, mengembalikan pada stelan pabrik,
dll sehingga memberi kenyamanan kepada pengemudi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar